Pembangunan pendidikan adalah upaya mewujudkan amanat Pembukaan UUD
1945, yaitu memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan
bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia. Sesuai dengan UUD
1945 pasal 27, pendidikan merupakan hak setiap warga negara Indonesia
dimana pelaksanaannya diselenggarakan melalui Sistem Pendidikan
Nasional, yang menyatakan bahwa masyarakat sebagai mitra pemerintah
berkesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta dalam
penyelenggaraan pendidikan nasional. Salah satu wujud dari
penyelenggaraan pendidikan nasional adalah adanya perguruan tinggi.
Penelitian dengan judul analisis variabel-variabel bauran pemasaran yang
memepengaruhi perilaku mahasiswa dalam memilih program pasca sarjana,
yang dilakukan terhadap mahasiswa program pasca sarjana Universitas
Islam Kadiri, bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan hubungan
masing-masing unsur bauran pemasaran secara parsial dan bersama-sama,
serta yang paling dominan terhadap keputusan mahasiswa dalam program
pasca sarjana. Untuk tujuan tersebut penulis telah melaksanakan riset
dengan mengambil obyek mahasiswa program pasca sarjana Universitas Islam
Kadiri.
Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh
dan hubungan bauran pemasaran terhadap keputusan mahasiswa dalam
memilih program pasca sarjana, dan solusi dari masalah tersebut adalah
dengan menganalisa pengaruh dan hubungan bauran pemasaran dengan
keputusan mahasiswa dalam memilih program pasca sarjana dengan
menggunakan metode analisis regresi berganda dengan melalui Uji
Normalitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Autokorelasi, Uji
Multikolinealitas, disertai pengujian hipotesa dengan menggunakan
pengujian Uji F dan Uji t, terhadap data yang diperoleh melalui
kuesioner dari 35 responden.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa variable bauran pemasaran
yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan
bukti fisik secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa
dalam memilih program pasca sarjana, dan secara parsial seluruh
variable mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah
dalam memilih perusahaan asuransi jiwa. Dan variable yang mempunyai
pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan nasabah dalam memilih
perusahaan asuransi jiwa adalah variable people.
sumber : http://ilmiahmanajemen.blogspot.com/2008/05/analisis-variabel-variabel-bauran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar